Kawasan Wisata Tujuh Curug Cilember, Tempat Pemandian Putri Siliwangi

Seri Artikel Wisatapedia Indonesia - tempat wisata di Jawa Barat

Berlibur di Kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, akan sayang rasanya bila melewatkan kesempatan berwisata alam di obyek Wisata Curug Cilember.

Kenapa demikian ?

Karena di lokasi ini bukan hanya terdapat satu air terjun saja, melainkan tujuh air terjun!

Secara keseluruhan, wana wisata ini memiliki luas sekitar 7 hektar dan berlokasi di antara wilayah Bogor dan Cianjur. Secara adiministrasi pemerintahan, obyek wisata di Jawa Barat ini masuk dalam wilayah Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Arti Nama Curug Cilember

Berkunjung ke tempat wisata di Jawa Barat, Curug Cilember
sumber gambar : cakkavatikusuma
Curug Cilember berasal dari kata 'Curug" yang dalam bahasa Sunda bermakna air terjun, sedangkan "Cilember" merupakan gabungan dari kata "Ci" dan "Lember". Kata "Ci" ini singkatan dari kata Cai yang bermakna air, sedangkan kata Lember dalam bahasa Sunda berarti jamur kuping, karena dulu di wilayah ini banyak tumbuh jamur kuping.

Wana Wisata Curug Cilember terletak di ketinggian 900 - 1000 meter di atas permukaan laut. Hawanya sejuk dengan bentang alam berbukit. Kelembaban kawasan ini cukup tinggi, yaitu sekitar 80 persen dengan suhu udara berkisar 20 - 26 derajat Celcius.

tujuh-curug-cilember-obyek-tempat-wisata-di-bogor-jawa-barat
Obyek wisata Curug Cilember
sumber  gambar: sites.google
Obyek wisata alam air terjun Curug Cilember sendiri dikelola oleh Perum Perhutani Unit III Jawa Barat sejak tahun 1982 lalu dan mulai dikembangkan dengan sarana rekreasi harian dan bermalam sejak April 2000. Obyek utamanya adalah tujuh air yang terjun yang bisa ditemukan di ketinggian lokasi yang berbeda.

Menyimpan Sejumlah Mitos

Kawasan Curug Cilember ini juga menyimpan sejumlah mitos.Diantaranya, pernah menjadi lokasi pemandian para putri Kerajaan Siliwangi. Selain itu juga bisa mandi di Curug Cilember, seseorang akan mudah mendapatkan pendamping hidup, dan mengobati berbagai penyakit.

Bahkan, jika pengunjung mandi di Curug Cilember saat tengah malam, terutama malam Jumat Kliwon pada bulan Muharram dab Maulid, dipercaya bisa membuat awet muda, mendapatkan berkah dan menambah kekuatan.

Percaya dengan keyakinan-keyakinan tersebut ? namanya juga mitos, yang pasti adalah keberadaan mitos ini menambah daya tarik wisata untuk menarik pengunjung berdatangan ke obyek wisata air terjun Curug Cilember.

Obyek Wisata di Curug Cilember

Air terjun terdekat berada sekitar 300 meter dari pos loket dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Itulah yang disebut Curug 7. Di Curug 7 ini, ketinggian air terjun sekitar 30 meter dan merupakan curuh dengan ketinggian air terjun paling tinggi. Curug yang terjauh adalah Curug 2, jaraknya sekitar 1,5 km dari pos loket dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Pengunjung obyek wisata ini maksimal hanya bbisa sampai ke Curug 2 saja, dengan kondisi udara lebih segar di atas. Curug 1 tidak dapat dikunjungi untuk umum karena jalan menuju lokasinya tidak memungkinkan dan harus ada pemandu untuk bisa sampai kesana.

Saat musim kemarau, aliran air di Curug Cilember tidak pernah berhenti mengalir. Hanya saja, debit airnya agak berkurang jika dibanding saat musim hujan. Anda yang berniat menikmatinya, perlu menyiapkan fisik yang prima, karena butuh tenaga ekstra untuk menapaki satu demi satu anak tangga dari bebatuan menuju lokasi.

Keindahan Alam serta Flora dan Fauna di Obyek Wisata Curug Cilember

Jenis flora di Wana Wisata Curug Cilember ini masih didominasi jenis tanaman paku-pakuan seperti paku sarang burung (Aspenium Nidus I), paku tiang (Cyathea Contaminant),paku rane (Selaginella plana Hieron), pakis sayur (Diplazium Esculentum) dan sebagainya. Ada juga jenis tanaman lain seperti kecubung (Brugmansia Suaveolens), harendong bulu (Clidemia Hirta), dan pinus (Pinus Merkusit Junghun & De Vriesa).

Faunanya, ada surili (Presbytis Comata), kodok bertanduk (Megophrys Monticola), monyet ekor panjang (Macaca Fascicularis), babi hutan (Sus Vilatus), burung cabai Jawa (Dicaeum Trochileum), serta burung cinenen Jawa (Orthomus Sepium).

Daya tarik lain di lokasi ini adalah keberadaan penangkaran kupu-kupu (Taman Kupu-Kupu), bumi perkembahan (camping ground), pondok wisata, hutan pinus dan taman koleksi anggrek.

Taman Kupu-Kupu di Obyek Wisata Curug Cilember
sumber gambar : Sobat Petualang
Taman Kupu-Kupu yang berada di lokasi wisata air terjun Curug Cilember berbentuk kubah dengan di dalamnya terdapat 12 jenis kupu-kupu yang memiliki siklus hidup antara 2,5 - 6 bulan. Beberapa jenis kupu yang ada sudah termasuk langka, diantaranya yaitu jenis Troides Helena berwarna kuning hitam, dan Troides Amphrisus yang berwarna serupa namun ukurannya lebih besar. Kedua jenis kupu itu bergantung pada tanaman sirih hutan sebagai makanan saat masih dalam bentuk ulat. Ada juga Papilio Memnon, Papilio Helena, dan Papilio Polytes yang ulatnya biasa memakan dedaunan tanaman jeruk.

Keanekaragaman daya tarik wisata alam Indonesia di Curug Cilember tersebut mengundang perhatian para wisatawan, bukan hanya lokal, akan tetapi juga wisatawan mancanegara, Ditambah lagi saat ini terdapat sarana penunjang wisata lainnya seperti Flying fox yang dikembangkan oleh warga setempat.

Tertarik untuk berkunjung wisata ke Curug Cilember ?

Lihat daftar tarif dan paket yang ditawarkan disini >> Daftar Tarif dan Paket Wisata di Curug Cilember, Bogor, Jawa Barat

Wisatapedia Indonesia
TokoTraveller.com

blog ini didukung oleh Saatnya Jadi Pengusaha network
2 Comments for "Kawasan Wisata Tujuh Curug Cilember, Tempat Pemandian Putri Siliwangi"

Back To Top