Destinasi Liburan ke Eropa : Romantis! Wisata Air Menelusuri Sungai Seine di Paris

Alhamdulillah, sahabat-sahabat KampungTraveler ada juga di berbagai sudut dunia,

source : barokahjourneys.com
Salah satunya yang sedang berkunjung di Sungai Seine, Prancis.

Apa Itu Sungai Seine ?

Sungai Seine adalah sebuah sungai utama yang terletak di negara Perancis bagian barat laut. Sungai ini merupakan salah satu jalur lalu lintas air komersial dan juga menjadi sebuah tujuan wisata ke Eropa, khususnya bagian yang terletak dalam kota Paris. Nama Sungai Seine sendiri berasal dari kata Sequanus dalam bahasa Latin.

Sungai Seine membelah kota Paris menjadi dua bagian yang dalam bahasa Perancis disebut dengan istilah la rive droite ("tepi kanan") dan la rive gauche ("tepi kiri"). Adapun yang dimaksud dengan tepi kanan adalah Paris Utara dan tepi kiri adalah Paris Selatan. Sungai Seine terletak tidak jauh dari Notre Dame de Paris.

Sungai ini memiliki panjang sekitar 777 km dan menjadi salah satu jalur air komersial yang membelah kota Paris menjadi dua bagian, kanan dan kiri. Sungai Seine mengalir melalui Paris dan masuk ke Selat Inggris di Le Havre. Ada 37 jembatan di Paris dan puluhan lainnya mencakup sungai di luar kota.

Pilihan Wisata di Sungai Seine

source : en.wikipedia.org

Jika Anda sedang merencanakan wisata liburan ke Eropa yang romantis, maka obyek wisata ini bisa menjadi salah satu destinasi yang patut Anda tuju. Dilansir dari sumber National Geographic, menelusuri sungai Seine dengan bus air merupakan pilihan tepat sambil menikmati beragam obyek wisata di kota itu. Dengan harga relatif terjangkau berkisar 14 euro untuk dewasa dan 7 euro untuk anak-anak.

Terdapat banyak sajian makanan dan minuman saat anda ikut dalam tour bus air. Bus kapal akan menyusuri sungai dan terdapat tujuh tempat pemberhentian yang semuanya merupakan ikon wisata di Paris yakni, Musée d'Orsay, St-Germain-des-Prés, Notre-Dame, Jardin des Plantes, Hotel de Ville, Louvre, Champs-Elysées, lalu kembali ke Menara Eiffel.

Jembatan Gembok Cinta di Ponts de Arts

Selama perjalanan menelusuri Sungai Seine, akan ditemukan juga pemandangan yang unik di area Ponts de Arts yang dikenal dengan jembatan gembok cinta.

Entah siapa yang memulai kebiasaan ini, tapi jembatan ini penuh dengan pasangan yang menaruh gembok cintanya di jembatan lalu membuang kuncinya di Sungai Seine.

Mereka meyakini dengan memasang gembok yang telah ditulisi nama, lalu kunci gembok dibuang ke dasar sungai maka cinta mereka akan abadi. Kepopuleran gembok cinta ini juga menginspirasi munculnya jembatan gembok cinta di daerah lain, seperti bisa Anda temukan di Seoul Tower, Korea Selatan.

Sebenarnya, otoritas pemerintah di kota Paris telah melarang pemasangan gembok cinta karena jembatan pernah runtuh di tahun 2015, namun hingga kini masih ada juga yang diam-diam memasang gembok cinta di tempat ini.

source : cruisecritic.com
Berdasarkan pengalaman mereka yang pernah naik kapal pesiar menyusuri Sungai Seine membutuhkan waktu sekitar 60 menit. Jika sobat traveler menyusuri Sungai Seine menggunakan bus air, usahakan untuk berakhir di Menara Eiffel pada sore hari, karena suasana akan terasa benar-benar romantis saat pergantian terang ke gelap. Menara Eiffel akan semakin semarak beserta lampu kuning dan kerlap-kerlip laksana bintang. Di sekitar tempat pemberhentian terdapat banyak kios-kios souvenir jika ingin membeli oleh-oleh disini. Ada banyak cinderamata, baik itu miniatur Eiffel, pakaian, dan pernak-pernik lainnya.

sumber-sumber artikel :
https://id.wikipedia.org/wiki/Sungai_Seine
http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/01/sungai-seine-menara-eiffel-dan-romantisme-paris/3
http://travel.kompas.com/read/2015/12/28/104005327/Sungai.Seine.Eiffel.dan.Gembok.Cinta
https://lifestyle.okezone.com/read/2017/10/19/406/1798889/backpacker-diary-indahnya-menyusuri-sungai-seine-paris-dengan-kapal-pesiar-cuma-bayar-rp200-ribuan?page=2

sumber-sumber foto :
http://www.barokahjourneys.com
http://www.en.wikipedia.org
https://www.cruisecritic.com/articles.cfm?ID=1732
0 Comments for "Destinasi Liburan ke Eropa : Romantis! Wisata Air Menelusuri Sungai Seine di Paris"

Back To Top