Menemukan Kehangatan Di Tengah Dinginnya Korea Selatan

Menemukan Kehangatan Di Tengah Dinginnya Korea Selatan

Ntah sudah berapa kali penulis mengunjungi kota ini. Seoul: Ibu Kota Korea Selatan.

Baik untuk kunjungan singkat (hanya beberapa jam saja sampai beberapa hari), ataupun  juga untuk kunjungan yang cukup lama (lebih dari sebulan).

Seoul adalah sebuah kota yang maju dan terbangun dengan sangat baik namun tetap hangat dan ramah untuk para pengunjungnya.

Penulis mengingat waktu pertama kali mengunjungi kota ini. Hanya datang berbekal alamat homestay yang sudah dibook melalui sebuah situs pemesanan hotel. Cukup sulit menemukan alamat homestay tersebut saat itu  sehingga terpaksa penulis bertanya pada seorang polisi yang tengah duduk-duduk di depan kantornya yang terletak di sebuah gang kecil di daerah Dongdaemun.  Karena tidak cukup cakap berbahasa inggris, spontan si petugas polisi mengumpulkan rekan-rekannya yang saat itu juga sedang ada di kantor. Mereka mengerubungi kertas kecil bertuliskan alamat homestay tersebut. Dan tidak beberapa lama salah seorang dari mereka mengambil mobil patroli, mempersilakan saya masuk ke mobil dan mengantarkan saya sampai tempat tujuan.

Itulah kesan pertama penulis tentang Korea. Korea yang dingin namun penuh dengan kehangatan. Tidak jauh berbeda dengan kehangatan yang mereka tampilkan dalam film-film drama korea.

Dan sejak saat itu, Seoul seolah menjadi taman bermain buat penulis. Dan bukan hanya Seoul karena penulis  cukup beruntung untuk dapat berkunjung dan menyelami kehidupan di kota-kota lain di Korea Selatan seperti Busan, Daejeon, Gumi, Seosan, Gapyeong, Sokcho, Ansan dan banyak lagi.  Dan setiap kota dan sudutnya menyimpan berjuta cerita.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *